Diklat Ahli Kepabeanan

Diklat Ahli Kepabeanan

Pendidikan ini diarahkan untuk mempersiapkan peserta mengikuti ujian nasional sertifikasi dibidang kepabeanan dalam memperoleh predikat sebagai Ahli Kepabeanan . LPP Apreisindo mendidik calon – calon Pengusaha Pengguna Jasa Kepabeanan ( PPJK ) yang berkompeten, bermoral dan bertanggung jawab dengan harapan setelah selesai mengikuti pelatihan dapat menjadi Pengusaha Pengguna Jasa Kepabeanan atau menjadi SDM yang siap meningkatkan kinerja diperusahaan dimana dia bekerja.

Pendidikan dan Pelatihan Ahli Kepabeanan (PPJK) diselenggarakan 3x dalam satu tahun yaitu pada bulan Maret, Agustus, dan November/Desember. Berdasarkan peraturan Menteri Keuangan No. 65 tahun 2007 dan Peraturan DJBC No. 24 tahun 2007Pendidikan dan Pelatihan ini akan diuji secara Nasional BPPK (Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan) Kementerian Keuangan  Republik Indonesia, untuk pelaksanaan Ujian Negara tersebut di selenggarakan pada bulan FebruariJuniOktober.

Jenis Pelayanan

KELAS EKSEKUTIF

Diselenggarakan setiap hari Sabtu & Minggu, dari pukul 08.30 – 16.30, sebanyak 18x pertemuan.

Biaya Rp 7.500.000 (belum termasuk biaya ujian sertifikasi ahli kepabeanan Rp 1.000.000)

Fasilitas yang didapat adalah Tas Backpack, Notes & Alat Tulis, Bahan Modul (Hard & Soft copy), Latihan dan Pembahasan Soal-soal, Coffee Break dan Makan Siang, Sertifikat dari LPP Apreisindo, Ruang Kelas berAC dengan sound system dan High Resolution Projector.

KeLAS REGULER

Diselenggarakan setiap hari Senin s/d Kamis, dari pukul 18.30 – 21.30, sebanyak 32x pertemuan. 

Biaya Rp 6.000.000 (belum termasuk biaya ujian sertifikasi ahli kepabeanan Rp 1.000.000)

Fasilitas yang didapat adalah Tas Backpack, Notes & Alat Tulis, Bahan Modul (Hard & Soft copy), Latihan dan Pembahasan Soal-soal, Coffee Break, Sertifikat dari LPP Apreisindo, Ruang Kelas berAC dengan sound system dan High Resolution Projector.

KELAS VIP

Memberikan kesempatan kepada calon peserta di Jakarta maupun dari luar Jakarta yang ingin fokus mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Ahli Kepabeanan. Kelas ini akan dibuka jika minimal peserta sebanyak 3 (tiga) orang. Materi yang diajarkan yaitu mengenai Ahli Kepabeanan dan persiapan ujian PPJK.

Biaya Rp 20.00.000 (sudah termasuk biaya ujian sertifikasi ahli kepabeanan Rp 1.000.000)

Ujian Lokal & Tryout

Memberikan kesempatan kepada calon peserta untuk mengikuti latihan mengerjakan soal-soal ujian.

Biaya Rp 750.000 (untuk alumni) Rp 1.500.000 (untuk umum)

Persyaratan daftar kelas ini : peserta sudah pernah mengikuti kursus kepabeanan dari LPP Apreisindo maupun lembaga lain, peserta merupakan karyawan dari perusahaan yang berkaitan dengan dengan kepabeanan, peserta harus sudah mendaftar ujian negara pada waktu terdekat serta lulus verifikasi administrasi, serta peserta memiliki buku BTKI.

No Materi Pelatihan Ahli Kepabeanan
1
Undang - Undang Kepabeanan
2
Sistem dan Prosedur Kepabeanan Bidang Impor
3
Sistem dan Prosedur Kepabeanan Bidang Ekspor & Larangan Pembatasan
4
BTKI (Buku Tarif Kepabeanan Indonesia) dan Pengetahuan Barang
5
Prosedur Penyetoran, Penagihan & Pengembalian Bea Masuk
6
Sistem Nilai Pabean Untuk Penghitungan Biaya Masuk
7
Fasilitas Kepabeanan
8
Keberatan dan Banding
9
Tempat Penimbunan Berikat
10
NSW (National Single Windows) dan EDI (Electronic Data Interchange)
11
Tryout dan Ujian Lokal BTKI
12
Tryout dan Ujian Lokal Pabean

Persyaratan Pendaftaran Diklat PPJK :

  1. Melampirkan formulir pendaftaran diklat, diisi data diri, dikirim ke email : sekretariat@lppapreisindo.co.id 
  2. Melampirkan bukti pembayaran diklat

    Untuk pembayaran dapat cash (datang langsung ke LPP Apreisindo) atau transfer ke rekening :

        – BNI 46 No Rek. 3333-420-120 Cabang Kramat a/n Apreisindo Multi Prestasi

        – Bank Mandiri No Rek. 123-00-22222-444 Cabang Pasar Kenari Mas  a/n PT. Apreisindo Multi Prestasi

        Konfirmasi pembayaran ke Sekretariat LPP Apreisindo.

  3. Melampirkan surat tugas dari perusahaan ( jika dibiayai oleh perusahaan )

Persyaratan Ujian PPJK :

Menyerahkan berkas kelengkapan administrasi ujian yaitu :

  1. Mengisi dan menyerahkan formulir Pendaftaran ujian (formulir akan dibagikan ketika diklat)
  2. Melampirkan foto copy identitas diri berfoto (KTP/SIM) 1 lembar
  3. Melampirkan 1 lembar fotocopy ijasah pendidikan terakhir min SMA/sederajat  yang dilegalisir asli, apabila   ijasah dari lembaga pedidikan di luar negeri maka  harus melampirkan bukti penyetaraan ijasah yang dikeluarkan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan RI
  4. Melampirkan  Pasfoto berwarna dengan posisi tegak lurus 2×3 (1 lembar), 3×4 (4lembar) dan 4×6 (4lembar) latar belakang biru dengan kode warna #0000FF (foto asli bukan rekayasa computer) dengan ketentuan :
    1. Laki-laki : Mengenakan Kemeja & Jas serta Berdasi
    2. Perempuan : Mengenakan Kemeja & Blazer

Manfaat Diklat & Sertifikat Ahli Kepabeanan

Berdasarkan keputusan menteri Keuangan Nomor : 65 tahun 2007 dan Peraturan Dirjen Bea dan Cukai No: P-22/BC/2007 tentang Pengusaha Pengurusan Jasa kepabeanan (PPJK), sebagai berikut:

  1. Pengurusan pemberitahuan pabean atas barang impor atau ekspor dilakukan oleh importir , eksportir, atau PPJK
  2. Salah satu syarat untuk mendapatkan ijin importir jalur prioritas, jika pengajuan PIB dilakukan secara langsung oleh importir
  3. Dalam hal pengurusan pemberitahuan pabean tidak dilakukan sendiri, importir, atau eksportir dapat diberikan kuasanya kepada Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK)
  4. Untuk dapat melakukan pengurusan jasa kepabeanan, Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK) wajib memiliki nomor identitas berupa Nomor Pokok Pengusaha Pengurusan Jasa kepabeanan dalam rangka akses kepabeanan
  5. Untuk mendapatkan Nomor Pokok PPJK antara lain harus mempunyai pegawaian yang berkualifikasi Ahli kepabeanan (competency).
  6. Salah satu persyaratan untuk menjadi Kuasa Hukum di pengadilan Pajak, seseorang harus mempunyai Sertifikat Ahli Kepabeanan atau berkualifikasi Ahli Kepabeanan.
  7. Kami LPP Apreisindo lembaga pendidikan dan pelatihan yang dikelola oleh beberapa orang pegawai aktif dan mantan pegawai Dirjen Bea dan Cukai dan telah berpengalaman menyelenggarakan Diklat Ahli kepabeanan yang Berijasah Negara dan sampai saat ini sudah lebih dari 20 (dua puluh) angkatan dengan para pengajar rata-rata sudah berpengalaman lebih dari 25 tahun di bidangnya.
  8. Berdasarkan informasi tidak Resmi yang kami peroleh, bahwa dalam registrasi importir, apabila salah satu pegawainya mempunyai Sertifikat Ahli Kepabeanan dapat dogolongkan sebagai importir middle risk. Manfaat lain bagi importir dan eksportir tentu saja akan memperluas wawasan dan pengetahuan tentang kepabeanan ( Bea dan Cukai )